Desain Interior dan Tanaman

Tanaman hidup merupakan elemen penting dalam sebuah interior, menjadi sumber utama elemen alam yang berada pada lingkungan material buatan manusia. Banyak cara menata tanaman pada interior untuk memberikan kesan hangat dan bersahaja, berikut beberapa tips untuk memilih dan memelihara tanaman dalam ruangan :

Bedakan karakter tanaman dewasa dan tanaman perdu.

Tanaman dengan struktur besar dan tinggi dapat menciptakan karakter bagi sebuah ruangan. Pentingnya ukuran dan proporsi memberikan dinamis pada interior. Sedangkan tanaman perdu dapat menjadi pengisi ruangan dan menjadi penyeimbang dari aksen yang ingin ditampilkan.

Peletakan tanaman menyesuaikan dengan ruangan. Tanaman yang besar bisa diletakan di ruangan keluarga, sedangkan tanaman pot kecil dapat diletakan di kamar mandi, kedua tanaman tersebut sama-sama bisa memberikan kesan berbeda. Tanaman pot kecil baik diletakan pada ketinggian tertentu, seperti diatas meja/ rak. Ketika kita meletakan tanaman pada suatu tempat, juga pastikan tanaman mendapatkan pencahayaan yang cukup.

Pencahayaan yang cukup bagi tanaman. Setiap jenis tanaman juga memiliki kebutuhan pencahayaan yang berbeda, sehingga dapan disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu sumber pencahayaan alami adalah dari jendela atau void ‘skylight’ ruangan. Pastikan kamu memilih tanaman yang cocok dengan kondisi dan lingkungan interior yang ada.

Siram tanaman jika dibutuhkan. Penyiraman tanaman pada interior berbeda dengan tanaman yang tumbuh di lingkungan alami, penyiraman hanya dilakukan jika media tanam tanaman sudah terasa kering. Penyiraman yang berlebihan akan mengakibatkan akar tanaman busuk karena penguapan air tidak seefektif pada lingkungan alam yang mendapatkan sinar matahari langsung.

Pemberian nutrisi secara berkala. Berikut adalah hal yang penting untuk dapat menjaga asupan nutrisi tanaman untuk dapat hidup dan berkembang.Selain untuk memberikan estetika, memelihara dan merawat tanaman dalam sebuah ruangan juga merupakan tanggung jawab dari setiap pengguna. Merawat tanaman juga menjadi pilihan kegiatan yang positif untuk keluarga juga untuk dapat menjaga hubungan yang bisa kita jalin dengan alam sekitar.

Written by: Kayana Studio