Tips menempatkan bingkai foto dan lukisan pada dinding interior

Titik fokal

Penentuan peletakan bingkai foto dan lukisan akan menjadi titik fokal dari sebuah ruangan. Area tersebut dapat menarik perhatian dan merupakan elemen desain yang krusial. Maka dari itu, berikut beberapa tips untuk membantu menciptakan titik fokal yang baik dalam ruangan dengan peletakan bingkai foto dan lukisan pada interior.

Kumpulkan karya yang ingin diletakan

Dengan mengetahui jumlah dan jenis karya yang mau diletakan dalam sebuah hunian, maka akan lebih mudah untuk menentukan konsep perencanaan penempatan. Penempatan karya dapat di sesuaikan dengan ukuran dan fungsi dari setiap ruangan, sebagai contoh ; karya yang bersifat publik dapat diletakan pada ruang tamu, sedangkan karya yang mempunyai nilai sentimental dapat diletakan pada ruang keluarga.

Konsep perencanaan penempatan

Konsep perencanaan penempatan ini menjadi penting karena dapat memberikan storyline atau alur cerita yang ingin diceritakan kepada pengguna ruangan. Selain itu juga konsep pemilahan warna dapat memberikan ambience yang diinginkan dalam sebuah ruangan.

Proporsi ukuran

Kadang kali karya dengan ukuran yang terlalu kecil dalam sebuah ruangan tidak akan memberikan dampak apapun, atau karya yang terlalu besar dapat memberikan kesan “over power” pada ruangan. Proporsi yang tepat pada ukuran ruangan adalah kunci dalam menciptakan keseimbangan dan kesinambungan pada ruangan. Tips singkat, untuk karya dengan ukuran kecil dapat disusun dalam bentuk grouping tertentu untuk memberikan dampak yang maksimal.

Ketinggian

Ketinggian ini juga sangat berpengaruh, untuk ketinggian yang disarankan adalah setara dengan “eye level” manusia. Jika rata-rata tinggi orang di Indonesia adalah 160 sampai dengan 175 cm, maka ketinggian karya ideal pada 145 -150 cm dari lantai, sehingga karya dapat dinikmati dengan maksimal.

Berikut beberapa poin-poin penting yang dapat menjadi pertimbangan dalam merencanakan penempatan dan pengaturan dari karya bingkai foto dan lukisan pada ruangan hunian. Sebagai interior designer di Jakarta, Kayana sangat menghargai cerita dari setiap karya dan selalu siap untuk memberikan solusi desain pada interior Anda.

Written by: Kayana Studio