HOME OFFICE: Desain Ruangan Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja

Ditulis oleh Tania Nathaniela

Akibat dari pandemi Covid -19, banyak perusahaan yang mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah atau yang biasa kita dengar dengan istilah “Work from Home”. Dalam berkerja di rumah, pastinya kita memerlukan ruangan yang dapat memenuhi kebutuhan kita saat bekerja. Tidak hanya itu, interior didalamnya juga sangat berpengaruh untuk kefektifan kita dalam bekerja. Maka dari itu, Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain home office agar dapat meningkatkan produktifitas kita dalam bekerja di rumah.

Furniture yang digunakan

Furniture sangat memegang peranan penting dalam membangun suasana dan memberikan rasa aman dan relax serta perasaan nyaman bagi penggunanya. Tetapi pentingnya peranan furniture tidak hanya sekedar itu saja. Furniture yang dipilih juga berperan penting pada peningkatan kinerja dan produktifias serta efesiensi dalam bekerja. Kursi yang adjustable merupakan pilihan yang terbaik, seperti sandaran kursi yang dapat diatur, dudukan kursi yang bisa diturunkan / ditinggikan sesuai kebutuhan, dan tambahan fitur foorest yang memungkinkan kaki untuk bersandar/beristirahat sejenak. Pemilihan meja kerja sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu besar karena dapat membuang space tetapi juga jangan terlalu kecil sehingga tidak dapat memuat kebutuhan kita. Tambahkan furniture / fixture rak yang dapat menyimpan fie-file / dokumen pribadi.

Ergonomi

Pemilihan furniture tidak hanya sekedar melalui penampilan saja tetapi juga harus bersamaan dengan ergonomi. Sebuah furniture tidak bisa dikatakan sebagai furniture jika tidak memiliki standar ergonomi. Ergonomi perlu diperhatikan agar dapat dipakai oleh semua orang (universal desain). Seperti ketinggian tempat duduk harus lebih rendah dari lekukan lutut saat duduk, sekitar 40 cm – 50 cm. ketinggian meja kerja yang baik adalah sekirar 72 cm sampai 75 cm. Eye leveling juga perlu diperhatikan. Jarak ideal mata ke layar computer berkisar antara 40-75 dengan sudut 20 derajat. Gunakan pelindung screen pada layar monitor untuk kenyamanan mata.

Pencahayaan dan Sirkulasi

Pencahayaan dalam home office dapat menggunakan Pencahayaan buatan dan Pencahayaan alami melalui jendela. Pencahayaan buatan yang cocok adalah lighting plafon gantung dengan penerangan tidak langsung. Untuk Pencahayaan alami, posisikan monitor tegak lurus dengan jendela agar cahaya dari jendela tidak terpantul ke layar computer atau lebih baik area meja kerja kita tidak menghadap jendela untuk menghindari cahaya matahari yang menyilaukan. Kita juga bisa menjaga tingkat cahaya sekitar tetap rendah dan mengurangi silau dengan mematikan lampu yang tidak perlu atau menutup jendela dengan tirai. Selain pencahayaan tentunya sirkulasi pun tidak kalah penting. Dalam suatu ruangan perlu adanya sirkulasi udara yang baik, dapat melalui ventilasi, jendela, AC ataupun exhaust.

Personal space

Personal space dalam home office bertujuan untuk meningkatkan rasa nyaman dan efisien.  Berikan sedikit ruang yang cukup pada area kerja anda.

Detailing dan Styling

Terakhir, Berikan sentuhan detail personal pada ruang home office anda. Karena home office juga merupakan bagian dari rumah tinggal yang anda tempati, serta seringkali menghabiskan waktu dalam bekerja di ruangan ini, sehingga diperlukannya ruangan yang menunjukan personality kita. Melalui hal ini anda dapat mendesain home office untuk menampilkan professional dan personal style anda melalui interior ruang home office yang di design.

Home office haruslah didesain sedemikian mungkin agar menjadi ruangan yang nyaman untuk anda menghabiskan waktu dalam bekerja dari rumah. Yang terutama ialah merencakan penggunaanya terlebih dahulu, seperti mengetahui keinginan dan apa yang kita butuhkan dalam ruang home office ini serta pengetahuan tentang ergonomi sehingga terdapat relasi antara sang pengguna dengan fungsi dari furniture yang dipakai.  Hal inilah yang dapat membuat anda bekerja secara produktif, efisen, dan tentunya tidak cepat merasa bosan.

Written by: Kayana Studio