Bold by Moustache : Koleksi furniture ikonik masa kini

Ditulis oleh Xi Angelina

Belakangan ini gaya interior desain semakin beragam, mulai dari classic, modern hingga kontemporer. Dapat dilihat dari beberapa social media, gaya kontemporer menjadi salah satu gaya yang di minati saat ini karena sesuai dengan keadaan masa kini. Gayanya yang khas dan dengan beberapa bentuk yang iconic dapat menciptakan karakter tersendiri. Belakangan ini kami sempat melihat salah suatu koleksi hasil karya kontemporer yang iconic dari perusahaan yang memproduksi produk dan furnitur yakni Moustache dengan hasil karyanya Bold Collection. Berikut analisa secara mendetail tentang Bold Collection.

Sejak diluncurkan pada April 2009, Moustache, sebuah penerbit Prancis di bidang artikel kontemporer dan perabot rumah tangga, di bawah dorongan Stéphane Arriubergé dan Massimiliano iorio, menciptakan hubungan erat dalam pengetahuan dan ahli di bidang desain.

Moustache dikelilingi oleh para desainer yang sangat penting untuk berbagi keyakinan dan sudut pandang. François Azambourg, Sébastien Cordoléani, Jean-Baptiste Fastrez, Benjamin Graindorge, Constance Guisset, Bertjan Pot, Dylan Martorell, Ionna Vautrin, Inga Sempé dan BIG-GAME menjadi keunikan komunitas ini. Hasil yang matang antara teknik, identitas yang kuat dengan penggunaan gaya kontemporer.

Awal mulanya berdiri studio desain BIG-GAME dari Elric Petit, Grégoire Jeanmonod dan Augustin Scott de Martinville bertemu di ECAL. Studio yang menggambarkan kesederhanaan, fungsional dan optimis. Mereka merancang berbagai produk dan aksesoris untuk perusahaan seperti Alessi, Hay, Karimoku, Muji, Lexon, Nespresso dan Moustache. Karya BIG-GAME seringkali mudah diakses, menawan, dan, di atas segalanya, bermanfaat.

Stephane Arriuberg dan Massimiliano Iorio mendirikan perusahaan Moustache yang memproduksi furnitur dengan kursi BOLD adalah objek pertama dalam katalog mereka, yang diikuti beberapa tahun kemudian oleh bangku dengan nama yang sama.

Tim design studio BIG-GAME menghadirkan koleksi kursi yang konseptual bernama Bold Collection yang menjadi salah satu hasil karya yang iconic yang diterbitkan oleh Moustache.

Bold Collection

Terinspirasi oleh Bauhaus klasik, BIG-GAME telah bereksperimen sejak tahun 2004 dengan kursi berbentuk tabung logam, dengan keinginan untuk membuat kursi yang terdiri dari 100% tabung. Gagasan garis melengkung yang menarik objek tiga dimensi. Untuk membuat kursi yang secara visual hanya garis. Setelah pencarian dan pengujian ekstensif, tekstil yang dipilih untuk menutupi busa diproduksi oleh pabrik kaus kaki, mengelilingi tabung yang panjang. Visualnya yang berbentuk tabung asli yang dibuat lebih tebal oleh busa, dinamakanlah kursi BOLD, sama seperti versi jenis huruf yang dibuat dengan font lebih tebal.

Bold Stool

Terdiri dari dua bagian tubular yang identik dalam logam yang tertanam satu sama lain, Bold Stool, mengikuti kursi sebelumnya, adalah versi terbaru dari tradisi kursi bengkok dari baja tubular. Dibesarkan dengan busa tipis dan ditebalkan mirip dengan font yang dibuat tebal, Bold Stool berhasil memberikan tingkat kenyamanan yang luar biasa.

Bold Chair

Terdiri dari dua bagian berbentuk tabung dalam logam yang tertanam satu sama lain, Bold Chair adalah versi terbaru dari jenis kursi bended dalam besi tubular. Diisi dengan busa poliuretan tipis, garis yang ditarik oleh Bold berhasil berperan sebagai kursi melengkung kontemporer dan memberikan tingkat kenyamanan yang luar biasa.

Bold Bench

Bold bench dapat dilihat sebagai perpanjangan atau deformasi kursi. Sketsa pertama yang digambar dibentuk menjadi satu tabung kursi dengan garis yang diperpanjang untuk menghasilkan 2-seater yang sangat nyaman.

Extra Bold Armchair

Extra bold armchair mengambil prinsip yang cukup mirip dengan Bold Collection dengan menggabungkan dua garis tubular besar, menawarkan kenyamanan yang mengejutkan. Dimensi lekukannya yang kuat kontras dengan sensasi kenyamanan yang dialami begitu duduk di atas tabung berdiameter besar, dilapisi dengan lapisan busa yang sangat tebal.

Beberapa detail teknis kedalaman kursi dan sistem perakitan yang tidak terlihat memungkinkan kursi dan sandaran menjadi rata satu sama lain, sehingga nyaris tidak saling bersentuhan untuk bersatu. Extra Bold Armchair ini merupakan koleksi terbaru dari Bold Collection yang baru dirilis tahun 2021.

Menurut kami terdapat hal yang sangat berpengaruh pada Bold Collection ini sehingga hasil karya seni ini sangat iconic dan unik pada saat ini.

Bold Collection memiliki ciri khas yakni bentuk dasar yang sederhana dengan garis lengkungan tebal namun dapat membuat kenyamanan yang luar biasa bagi penggunanya. Konsep yang sangat matang dan ciri khasnya yang unik pada setiap koleksinya juga mempermudah orang-orang untuk mengingat hasil karya furnitur yang iconic ini.

Koleksi kursi-kursi ini sangat cocok untuk beberapa proyek interior komersial yang dapat memberntuk karakter playful dengan aksen deskontruksi  pada interior itu sendiri, namun tidak menutup kemungkinan kursi-kursi tersebut di tempatkan di interior residensial. Karena pada saat ini orang-orang sudah sangat terbuka untuk mengeksplorasi penempatan furnitur pada rumah tinggalnya yang dapat menjadi point of interest pada beberapa titik area rumah tinggal itu sendiri.

Written by: Kayana Studio